1. Awam Mukhatam Riziq
2. Crespo Arya Anggara
3. Rohan Firmansah
4. Syukri Ramadhan
Jurusan : Manajemen
Universitas : UPI YPTK PADANG
A. Perkembangan IPTEK pada massa sekarang & Peranan IPTEK terhadap pemasaran
Kemajuan IPTEK pada masa ini atau era globalisasi ini sangat berkembang dengan cepat dan pesat, melalui IPTEK inilah kita dapat atau bisa mendistribusikan, memasarkan, maupun menjual produk bisnis kita dengan mudah dan cepat. Peranan iptek terhadap pemasaran produk adalah dengan memudahkan pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, website, atau platform digital lainnya
B. Perkembangan IPTEK pada era globalisasi sangat pesat. Beberapa perkembangan IPTEK yang terjadi pada era globalisasi antara lain
Perkembangan Internet, Perkembangan internet pada era globalisasi sangat pesat. Internet menjadi salah satu perkembangan iptek yang paling efektif dalam membantu melakukan pemasaran produk bisnis. Perkembangan Smartphone, Perkembangan smartphone pada era globalisasi sangat pesat. Smartphone merupakan alat yang paling simpel dan mudah digunakan dalam proses kegiatan pemasaran bisnis. Perkembangan Komunikasi, Perkembangan komunikasi di era globalisasi pada saat ini berkembang sangat luas dan pesat. Kita dapat mengetahui apapun bentuk interaksi orang orang baik dilokal maupun internasional.
C. Tujuan Penggunaan IPTEK Pemasaran Produk Bisnis & Keuntungan Pemasaran IPTEK
Tujuan utama dari pemasaran produk bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan yang diperoleh oleh pelaku bisnis. Selain itu, tujuan lain dari pemasaran produk bisnis adalah untuk meningkatkan Brand Awareness, meningkatkan loyalitas konsumen. Manfaat atau keuntungan pemasaran melalui iptek adalah penggunaan teknologi canggih untuk mempromosikan produk, memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan platform digital, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses pemasaran.
E. Pemanfaatan IPTEK (Informasi, Pengetahuan, Teknologi, dan Komunikasi) dalam pemasaran bisnis memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan
Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan IPTEK dalam pemasaran bisnis: Pemasaran digital, Mobile Marketing, E-commerce, Analisis Data, Website Marketing, dan Media Sosial.
F. Contoh kasus perusahaan yang menggunakan media sosial dalam memasarkan suatu produk barang
Promosi dengan Youtube, promosi melalui youtube adalah media promosi yang sering bahkan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun perusahaan kecil dan sebagainya. Banyak perusahaan besar seperti Buka Lapak, Shoppe, Lazada, JD.ID dan banyak perusahaan besar lainnya.
(***)